Budaya Gresik



"Budaya"
Didaerah saya tepatnya di Wadeng Sidayu Gresik biasanya jika ada acara atau perayaan sesuatu hal. Warga desa saya mengadakan wayang untuk melestarikan budaya yang diajarkan atau yang dipakai sunan untuk menyebarkan islam.

Biasanya disana banyak yang berjualan makanan dan jajanan dan juga yang paling digemari anak-anak kecil yaitu banyak mainan yang dijual disana. Saat aku  pergi kewayang biasanya aku cuman mampir ketempat makanannya saja kara disana banyak makanan dan enak-enak. Yaa walaupun diselenggarakan  dengan sederhana tapi banyak yang datang diwayang dari kalangan anak2,pemuda dan para orang tua. Disana masih banyak yang menyukai acara wayang jadi ramai jika ada Wayang didaerahku.

 "Makanan Khas"
Digresik banyak yang jualan bandeng tanpa duri dan otak-otak dan kebetulan saya menyukai makanan tersebut. Didaerah saya banyak yang punya tambak/ kolam ikan jadi daerah saya penghasil ikan. Disana rata-rata ternak bandeng karna banyak dibutuhkan dan banyak yang suka ikan bandeng. Jika temen2 tidak alergi bandeng lalu mencoba bandeng otak-otak di gresik pasti ketagihan deh,... dan biasanya para wisatawan membawa oleh-oleh itu kebanyakan ikan bandeng spt : otak-otak , bandeng tanpa duri , bandeng panggang , bandeng goreng , dll. Jadi buruan mampir ke Gresik Brooo,... Bawa thu Bandeng kedaerah kamu... biar tau rasanya Bandeng Khas Gresik.

"Ciri Khas"
Di Daerah gresik punya ciri khas yang unik biasanya orang-orangnya memakai bahasa jawa dan disana masih banyak hal-hal yang tradisional bro... jadi kadang disuatu tempat digresik kita bisa lihat orang tua yang masih segar-segar karna disana banyak yang alami dalam mengkonsumsi makanan. Jadi yaa banyak orang yang umurnya bisa 70 keatas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar